Sebagai langkah konkret dalam tindak lanjut penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS), Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia memasuki tahapan sosialisasi PKS yang dilaksanakan secara hybrid baik secara daring melalui Zoom maupun luring di Hotel Ambhara, Jakarta Selatan yang diikuti oleh Direktorat Polda Jajaran Baharkam dan peserta perwakilan FKDB dari seluruh provinsi di Indonesia pada Rabu, 28 Agustus 2024.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memastikan kerjasama antara FKDB dan Polri dapat diimplementasikan dengan efektif di berbagai daerah di seluruh Indonesia sebagaimana yang diamanatkan dalam PKS FKDB Polri yang ditandatangani di Hotel Four Points Makassar pada 06 Juni 2024 lalu untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas budidaya padi, jagung, dan kedelai (Pajale) secara berkelanjutan di seluruh Indonesia.

Sosialisasi ini dihadiri secara langsung oleh pemangku kepentingan dari FKDB dan Polri dan menjadi momen bersejarah dalam upaya sinergi kedua lembaga dalam mendukung sektor pertanian Indonesia. Hadir para pejabat dari Baharkam Polri, Kabaganev Robinopsnal Baharkam Polri-Kombes Pol Edison, S.H., M.H, Kabagbinlat Robinopsnal Baharkam Polri- Kombes Pol Hery Wiyanto, S.H, Kabagkerma Korpolairud Baharkam Polri- Kombes Pol Edward Indharmawan Eka Chandra, S.I.K., M.H, Kabagopsnalev Korsabhara Baharkam Polri- Kombes Pol Muh. Nur Akbar.

Kabagopsnalev Korbinmas Baharkam Polri- Kombes Pol Bharata Indrayana, S.I.K, Kabagopsnal Dan Tik Korpolairud Baharkam Polri- Kombes Pol Puji Hendro Wibowo, S.H., S.I.K, Kasubditbhabinkamtibmas Ditbintibmas Korbinmas Baharkam Polri- Kombes Pol Oki Waskito, S.H., S.I.K., M.Si, Kasubditbhabinkamtibnas Ditbintibnas Korbinmas Baharkam Polri- Kombes Pol Bambang Murdoko, S.I.K., S.H., M.H, Kasubditbinmasair Ditpolair Korpolairud.Baharkam Polri- Kombes Pol Kismanto Eko Saputro, S.H., M.H, Pamin Data Baganev Robinopsnal Baharkam Polri- IPDA Eri Dwi K, Kasubbagkermaops Bagkerma Robinopsnal Baharkam Polri-AKBP Juli Amar Ma’ruf, S.T., M.M, Kasubbagkermadagri Korpolairud Baharkam Polri-AKBP Milini Gilang, Kataud Baharkam Polri-AKBP Suhartomo, S.H., M.H, Kaurtu Robinopsnal Baharkam Polri- Briptu Hendrik Setyo P, PS Kaurkeu Baharkam Polri-Iptu Adikodrati Maghfirah M., S.E.,

Paur Subbagkermalat Bagkerma Robinopsnal-Penata TK I Arie Sukmawati. S.E, Paur Subbagkermaops Bagkerma Robinopsnal-Wartisah Winaningsih, S.H., M.H, Paur Subbaganalis Bagkerma Robinopsnal-Penata TK I Erik Hermanto, S.E, Pamin Subbagkermalat Bagkerma Robinopsnal-Penda TK I Gloria FLK, S.Pd, Pamin Subbagkermaops Bagkerma Robinopsnal- Penda TK I Indaryati, S.M., Banum Bagkerma Robinopsnal Baharkam Polri-Pengatur TK I Aziz Muslim, dan Bamin Bagkerma Robinopsnal Baharkam Polri-Brigadir Eka Nurhidayah, S.H.

Sementara dari FKDB, hadir Penasehat FKDB-Widodo Siswohadi, Pengawas FKDB-Luthfi Nur Hanfan dan Ranty Rachmatilah, Ketua 1-Entus Wahidin, Sekretaris Jenderal-Hikmat Taufik, Wakil Sekretaris Jenderal-Ani Nurhayati, Bendahara Umum-Ambar Barokah Hikmatullah, Wakil Bendahara Umum-E. Herlina, Divisi Pertanian FKDB-Taufik Basri, Departemen Kesekretariatan-Adisti Aurina Ersya dan M. Isa Komara.

Acara dibuka dengan sambutan dari Kabagbinlat Baharkam Polri Kombes Pol Hery Wiyanto, S.H. yang mewakili Karobinopsnal Baharkam Polri. Dalam sambutannya beliau menekankan pentingnya sinergi antara FKDB dan Polri dalam berbagi informasi untuk mendukung kelancaran operasional di lapangan. “Melalui sosialisasi ini, kami berharap FKDB dan Polri dapat saling berbagi informasi guna kelancaran operasional, khususnya dalam pelaksanaan budidaya pertanian yang dijalankan oleh FKDB.

Program ini diharapkan memberikan berbagai manfaat kepada masyarakat petani, termasuk dengan mengajak mereka dan anggota Polri untuk berpartisipasi aktif, di bawah bimbingan dari Korbinmas Baharkam Polri sebagai leading sector,” ujar Hery.

Ketua 1 FKDB, Entus Wahidin, dalam sambutan singkatnya, juga menyampaikan apresiasinya kepada Polri atas dukungan yang telah diberikan.

“Kami sangat menghargai dukungan dari Polri, khususnya Baharkam Polri, dalam mendampingi kegiatan kami di sektor pertanian. Kami percaya bahwa kerjasama ini sangat penting untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat melalui program pertanian yang berkelanjutan.

FKDB berkomitmen untuk terus berkontribusi nyata dalam pembangunan nasional, sesuai dengan visi kami sebagai mitra pemerintah yang dapat diandalkan. Semoga kolaborasi ini membawa manfaat besar bagi masyarakat, terutama para petani,” ungkap Entus.

Acara ini menandai langkah strategis dalam upaya membangun eko sistem pertanian yang lebih modern dan berkelanjutan, sesuai arahan founder Doa Bangsa, H. Ayep Zaki, S.E.,M.M., yang selalu mengisyaratkan kesejahteraan masyarakat petani di seluruh Indonesia.

Dengan kolaborasi yang solid antara FKDB dan Polri, program ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang luas, tidak hanya bagi sektor pertanian, tetapi juga bagi stabilitas sosial dan ekonomi nasional.

Acara sosialisasi PKS ini dilengkapi dengan penjelasan teknis budidaya yang dipaparkan oleh divisi pertanian FKDB, Hikmat Taufik dan Taufik Basri.

FKDB dan Polri akan terus memantau dan mengevaluasi pelaksanaan program ini untuk memastikan bahwa tujuan bersama dalam meningkatkan produktivitas dan kualitas budidaya pajale dapat tercapai dengan baik.

Keberhasilan dari kerjasama ini akan menjadi cerminan dari sinergi yang kuat antara masyarakat, pemerintah, dan aparat keamanan dalam mewujudkan Indonesia yang lebih sejahtera dan mandiri dalam pangan.

Sebagai penutup, FKDB dan Polri mengajak semua pihak untuk turut berperan aktif dalam mendukung program ini dan berkontribusi dalam upaya kolektif untuk memajukan sektor pertanian.

Dengan kerja sama yang erat dan dukungan dari semua pihak, diharapkan Indonesia dapat menghadapi tantangan ketahanan pangan dengan lebih siap dan tangguh di masa depan.

Sumber: Teropongistana.com