Lembaga Wakaf (LW) Doa Bangsa bersama Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kementerian Agama Kota Bogor melaksanakan acara Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Fundraising Wakaf Uang, bertempat di Kantor Kementerian Agama Kota Bogor, Rabu, (4/9/2024).

Kerjasama tersebut merupakan kelanjutan dari rangkaian kegiatan sebelumnya yaitu Sosialisasi dan Audiensi para pihak. Perjanjian kerjasama tersebut memuat ruang lingkup kesepakatan para pihak yaitu perekrutan Tenaga Penghimpun Wakaf Uang Digital (Waqfraiser), Pembinaan Waqfraiser, Penghimpunan Wakaf Uang dan Penyalurannya.

LW Doa Bangsa bertindak sebagai Nazhir Wakaf Uang yang telah terdaftar di Badan Wakaf Indonesia (BWI) secara resmi di nomor 3.3.00401 yang memiliki fungsi penghimpun, pengelola, pengembang, dan pendistribusian manfaat wakaf kepada pihak Mauquf ‘Alaih sebagai pihak penerima manfaat hasil pengelolaan Wakaf.

Perjanjian ditandatangani oleh para pihak, dari pihak Kemenag Kota Bogor diwakili oleh Drs. H. Komarudin, M.M., sebagai pejabat Penyelenggara Zakat dan Wakaf, yang diketahui oleh  Kepala Kemenag, H. Dede Supriatna, S.Ag., M.Pd.I., dan disaksikan langsung oleh Kasubbag TU, H. Ujang Supriyatna S.Ag., M.Pd.I.

Sedangkan dari pihak LW Doa Bangsa diwakili oleh Entus Wahidin A.Q., S.Pd., M.M., CWC., sebagai direktur LW Doa Bangsa, yang diketahui oleh Ketua Umum Yayasan Pembina Pendidikan Doa Bangsa, Abdul Hamid A.Md.Kes., dan disaksikan langsung oleh Kepala Divisi Fundraising, Rizqi Zulqarnain Hamid, B.Ec., CWC.

Selain itu hadir juga pada acara tersebut tim pelaksana Project Management Unit (PMU) Kemenag, seperti Rully Chairul, S.I. Kom., Warliyah, S.Pd., Maulana Yusuf, S.T., Amrizal, S.Ag., Asep Aonudin, S.H.I., Iwan S.H.I., Zianfani Ardiansyah B.Ec., CWC., dan Hj. Badriah., S.Ag.

Dalam sambutannya, Kepala Kemenag Kota Bogor, H. Dede Supriatna, menyampaikan ucapan terima kasih kepada LW Doa Bangsa yang mau berkolaborasi dengan Kemenag dalam rangka Akselerasi Pengembangan Wakaf di kota Bogor khususnya.

“Semoga literasi dan partisipasi masyarakat kota Bogor di sektor perwakafan bisa meningkat dan tumbuh berkembang hingga dampak kemaslahatan itu bisa terwujud nyata dan dapat dirasakan oleh masyarakat, termasuk di sarana ibadah seperti masjid yang berpotensi bisa membangun dana abadi DKM.” jelasnya.

Direktur LW Doa Bangsa, Entus Wahidin A.Q, berharap dengan adanya kolaborasi ini project Inkubasi Wakaf Produktif dan Kota Wakaf yang dicanangkan kemenag, bisa dieksekusi dengan lancar. “Tantangan ke depan adalah bagaimana semangat memajukan industri perwakafan ini bisa tetap terpelihara dan terlaksana secara konsisten. “saya optimis, bersama tim penggerak wakaf di Kemenag ini pelaksanaan Fundraising Wakaf Uang ini bisa dijalankan dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi publik.” paparnya.

Ketua Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat (KPEU) Majelis Ulama Indonesia sekaligus Dewan Pengarah LW Doa Bangsa, H Ayep Zaki S.E., M.M., menyatakan apresiasi setinggi-tingginya kepada pihak Kemenag Kota Bogor yang telah menerima LW Doa Bangsa berkolaborasi. LW Doa Bangsa memegang teguh komitmen dan istiqomah dalam menjalankan tugas kenazhirannya.

“Sebagai Nazhir yang profesional, tentunya LW Doa bangsa akan menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pengemban Amanah Wakif. Kalau Wakifnya mengamanahkan peruntukan wakaf itu untuk kemaslahatan bagi masyarakat wilayah tertentu, maka LW Doa Bangsa akan mengarahkan peruntukannya untuk kemaslahatan masyarakat di wilayah yang dimaksud. Begitulah tugas Nazhir,” terang Ayep Zaki.

Sumber: Sukabumiupdate.com